Kesah

cxncpr6usaehn8t

Tadi pagi aku berkunjung ke sebuah tempat dimana kreativitas dibagikan dengan sukarela. Uang bukan bayaran dimana para kreator tersebut berkarya. Cukup dengan meninggalkan beberapa kata, si kreator tersebut sudah merasa puas. Sepertinya aku memahami apa yang kreator-kreator itu rasakan. Karena disinilah aku merasakannya.

Saat aku melihat kotak saran dan kritikan, ada beberapa nama yang dulu sering berkunjung ke tempatku. Aku tersenyum dalam diam membaca pendapat-pendapat tentang cerita yang sudah mereka baca. Dalam diamku entah mengapa sesuatu yg sendu seperti mengusik batinku.Β Kenangan-kenangan bersama mereka mulai muncul. Baik yang sedih maupun menyenangkan.

Ada kalanya aku terheran-heran membaca pendapat mereka tentang apa yang kutulis. Ada kalanya aku tersenyum saat mereka menuliskan kata-kata semangat untukku. Ada kalanya kesal muncul saat aku membaca pendapat mereka yang mungkin membuat emosiku naik. Dari semua itu, aku sangat bersyukur karena mereka masih begitu perhatian dengan meninggalkan jejak di halaman penuh tulisan amatirku.

Pembaca…

Terkadang mereka menyebalkan karena membaca ceritaku hanya dalam diam. Padahal aku ingin bertegur sapa dengan mereka. Aku ingin berbicara pada mereka tentang hariku dan hari mereka yang kadang berlalu terlalu cepat atau sebaliknya.

Pembaca…

Hampir semua yg telah membaca disini, aku mengingat mereka semua. Ada yang emosional, ada yang pemalu, ada yang hanya tertawa saja dalam komentarnya, ada yang memotivasi, ada yang menyenangkan, ada yang menyebalkan, ada yang membuat aku rindu bahkan ada yang hingga kini menjadi seorang teman, bukan hanya teman di dunia maya, tapi dunia nyata.

Sejujurnya aku sedih saat mengetahui mereka yang dulu sering membaca ceritaku, kini pergi dengan sendirinya. Aku ingin bertanya kenapa tapi sepertinya aku tahu.

Selera orang berbeda-beda.

Hati bisa berubah dalam hitungan detik.

Suka bisa menjadi cinta.

Cinta bisa menjadi benci.

Saat seseorang sudah mendapat hal yang baru, yang lama mungkin cenderung untuk dilupakan.

Saat apa yang kutulis sudah tak membuat hati mereka bergetar saat membacanya, mungkin itu pula yang menjadi alasan kenapa mereka berpaling dari tulisanku.

Bisa juga karena aku… yang sudah terlalu lama menelantarkan mereka dengan tidak membagikan lagi coretan-coretan penaku yang terasa usang ini.

Atau… karena mereka mulai jenuh dengan tulisanku yang tidak berkembang sesuai dengan yang mereka inginkan.

Mungkin juga.. karena sikapku sebagai seorang penulis yang tidak menyenangkan hati mereka.

Kalian tahu.. terkadang.. aku merasa seperti mengemis kepada pembaca untuk membaca cerita-ceritaku. Bahkan aku terkadang meminta maaf pada kata hatiku karena banyak apa yang tertuang dalam ceritaku harus kusesuaikan dengan keinginan pembaca, bukan dengan hatiku. Maka dari itu, saat aku menulis My Lady kemarin, aku merasa begitu senang, karena kali itu, hatiku yang menang, egoku yang berkuasa dan superegoku yang mengalah.

Terkadang aku berpikir, untuk apa aku menulis cerita seperti ini, dimana satu rupiahpun tidak kudapat dengan semua waktu dan pikiran yang kucurahkan. Terkadang aku berpikir mengapa aku menginginkan kalian untuk tetap membaca ceritaku dan meninggalkan tanda cinta kalian padaku.

Sudah beberapa kali aku ingin menyerah dalam tulisan-tulisan ini. Sudah berapa kali aku bertekad untuk berhenti menulis sebuah fiksi yang hanya hidup dalam imajinasiku. Sudah berapa kali rasionalitasku memaksa agar aku menutup semua kepalsuan ini. Sudah berapa kali aku meyakinkan diriku bahwa ini adalah terakhir kalinya aku menulis.

Tapi.. sesuatu selalu membawaku kembali disini.

Menulis dan membagikan karyaku pada kalian, baik dalam bentuk ff, puisi atau curhatan seperti ini. Something always bring me back to you. Ini seperti sebuah gravity dimana aku tak bisa menjauh. Ini seperti sebuah adiksi dimana aku tak bisa lepas darinya.

Lalu aku sadar bahwa aku sudah jatuh cinta. Aku jatuh cinta pada dunia tulisan. Aku jatuh cinta pada kalian, para pembacaku. Aku jatuh cinta pada imajinasi yang memonopoli akalku. Aku jatuh cinta pada cinta yang bisa kuciptakan sesuai keinginanku. aku jatuh cinta pada karakter-karakter yang kubuat sesuai dengan anganku.

Aku tidak tahu bahwa aku bisa jatuh sejatuh ini.

Untuk kalian yang masih ada disini, setia menemani setiap langkahku, aku ucapkan terimakasih. Dan aku.. mencintai kalian. Kata tak bisa mengungkapkan betapa bahagianya aku bisa mengenal dan berkomunikasi dengan kalian. Kalian sudah menjadi bagian dari perjalanan hidupku. Suatu hari nanti… dengan senyum bahagia dan bangga aku bisa bercerita pada anak-anakku bahwa kalian pernah menjadi bagian dari diriku.

Untuk mereka yang sudah pergi dan berlalu dariku.. aku ucapkan terimakasih. Terimakasih karena pernah melukis kenangan yang hingga hari ini masih terjaga dalam pikiranku. Terimakasih karena kalian sempat menyukaiku. Aku bersyukur karena aku.. sempat memiliki hati kalian saat kalian mencurahkan fokus dan perasaan kalian dalam membaca ceritaku.

Untuk kalian yang menjagaku dalam diam, yang mungkin saja membenci atau mengagumi karyaku dalam sunyi, aku ucapkan terimakasih. Aku berharap pesan apapun yang tertulis dalam ceritaku, itu bisa menggapai hati kalian.

Di akhir… aku sadar.. tulisan ini tidak bisa memuaskan siapapun kecuali diriku sendiri.

Maka dari itu aku ingin meminta maaf karena kali ini… si ego berhasil mengalahkan super egoku.

27 pemikiran pada “Kesah

  1. Sebuah karya akan memicu inspirasi teruskanlah berkarya
    jika anda berhasil teruskanlah berkarya
    jika anda gagal teruskanlah berkarya
    jika anda tertarik teruskanlah berkarya
    jika anda bosan teruskanlah berkarya
    (Michael crichton)

    Bila anda mengatakan apa yg anda pikirkan jangan harap hanya mendengar apa yg anda sukai
    (Malcom s.Forbes)

  2. thor makasih udah nulis f yang bagus bagus buat kita para readers..
    thor kegagalan itu ada pada orang yang telah menyerah.. selma belum menyerah kiya gk pernah tau apa itu gagal atau tidak karna masih sebuah proses..

  3. i love you too author *3*
    love you from the earth to pluto to aerth again ^3^
    berharap bgd ini tdk spt apa yg aku pikirkan…
    but anw…
    Terima Kasih utk smua critanya yg sangat mengagumkan dan begitu menghibur…
    don’t lose hope…
    ingat,,saat egomu menang kamu akn kehilangan lebih banyak…dan penyesalan pun akn lebih besar..pikirkan lg baik”…
    Love You and Your Story^^

    “I understand why you stayed for so long.
    I also understand why you finally left.
    I respect you for both”- Mr. AmariSoul

    “Some Goodbye are not Ends, but Releases”-Beau Taplin

    “You’re not giving up. You’re just Starting Over”-NeYo

    “There are things that we don’t want to happen but have to accept, things we don’t want to know but have to learn, and people we can’t live without but have to let go.”

  4. Tetap dan sllu semangat untuk menuang karya_karya kreatif thor, hobi menulismu luar biasa ..hobimu adalah semangatmu..
    Tetap hwaiting!!

  5. Love u too thor 😊😘
    Tetap berkarya ya thor…
    Tetap berikan karya yg luar biasa kepada para pembaca yg memiliki fantasi yg luar biasa…krn tuliasan2 yg mungkin tidak di dapatkan d tempat yg lain bisa kita dapatkan di sini…
    Sedikit banyak bisa memberikan/berbagi pengalaman, hal2 baru kepada pembaca walaupun terkadang komentar yg diberikan sedikit “menyayat” (setajam silet) kidding thor 😁
    Jangan patah semangat . OK πŸ˜‰
    Ditunggu karya2 mu selanjutnya thor . Fighting!!!πŸ’ͺ😊

  6. Pertama aku minta maaf ..
    Karna berapa kali baca FF mu tanpa meninggal kan jejak sedikit pun ..
    Tapi jujur ya Tulisan kamu bagus ..
    Jgn berhenti buat Nulis ya ..
    Tulisan mu adalah Hiburan buat pembaca ..
    Menghibur orang itu Ibadah .
    Heiiiii karya mu selalu di hargai sma pembaca ..
    Tapi setiap pembaca punya cara tersendiri buat menghargai karya mu ..
    Bisa aja mereka bantuin promosi kalau ada FF yg bagus yg wajib di baca .. dan salah satu nya karya mu ..

  7. Well, tbh aku datang kesini karena konsep ego dan superego yg kamu kemukakan. Ini pake teorinya Freud ya kan? Hehehe. Krn sejauh yang pernah kubaca struktur kepribadian itu dipake oleh mazhab psikoanalitiknya Freud dan humanistiknya Murray. Oke, aku sendiri juga penulis sejak 2012 dengan dinamika tulisan yang gak karu2 an πŸ˜…πŸ˜‚ yah, pertanyaan yang sama pernah muncul juga dalam benakku, apa yang aku dapatkan dari semua ini? Jawabannya cuma 1: kepuasan. Aktualisasi dirimu loh terletak disini, itu memang tdk bs memuaskan kebutuhan fisiologis dll kan, tp itu memberikan kebahagiaan tersendiri, ada aspek pemuasan meta need di situ. Nah, aku selalu ngomong sama diriku sendiri spt itu sih tiap kali pikiran ‘buat apa nulis’ itu menghantui. Jujur sih, aku blm pernah baca tulisanmu. Tapi emang kadang menuruti insting kita itu baik, asal tidak menyeleweng terlalu jauh dari norma2 yg ditetapkan aja. Hehehehe. Makasiii 😊

  8. Aku terharu baca postingan kamu kali ini thor, terharu……… Banget. Klo menurut aku apapun yang terjadi tetaplah menulis sesuatu yang bermanfaat utk semua orang thor. Baik di komen apa nggk oleh mereka itu urusan mereka yg terpenting kita tetaplah menulis hal2 yang baik. Karena bisa jadi apa yang kita tulis ith akan menjadi penolong kita di akhirat nnt. Maka dari itu, berusahalah utk menulis suatu cerita yang akan memberikan pelajaran yang baik sehingga mengubah para pembacanya menjadi lebih baik di kehidupan mereka. Karena orang seperti kamu yang memiliki kemampuan dalam menulis itu jangan di sia2kan. Karena mungkin kemampuan yang kamu milikin ini akan bermanfaat utk kamu di kemudian hari

  9. i feel you,, sangat memicu emosional…
    and,

    hai..
    aku masi disini,,
    sayang lagi gk ada uang receh, kembalian ada?:p
    aku gk kemana2, paling cm mampir kesebelah, nak tengok..

    positip thinking, dan semangat yeaaahh..

  10. 😐 knp bica sperti Itu.. sedih rasa jika dibilang “pengemis hanya meminta mrk membaca di wp mu thor… qm jau lebih hebat jika sperti pengemis.. jgn berbica sperti itu jika kami membacanya pun agak sedikit sedih.. maqy gak pernah tau mengapa mrk meninggalkan wp ini tetapi maqy yakin mrk akan kembali jika itu kesibukan yg menjadi penghalang.. apa pun yg qm lakukan, qm adalah author penyayang bagi qu krna di setiap kata kata pun terselip keresahan buat qm.. gomawo thor^^-

  11. wow.. .. ( aku pun jd kesah stlh mmbaca ini .. hee ) nda tau mau blng apa gue terharu slth mmbcnya . i am so sorry and thanks a lot ( . semua ada waktu nya thor kpn di mulai dan kpn berhenti . ttp smngt πŸ™‚

Tinggalkan Balasan

